PENGUMUMAN

blog ini pindah lokasi ke http://wahyunurdiyanto.com terima kasih

PKNU Kebangkitan Politik Ulama

Senin, 12 November 2007 | Label: | |


Anam : Presiden diserahkan Ke Kyai


Ketua umum Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU) Choirul Anam mengatakan, pihaknya untuk saat ini belum akan membicarakan masalah calon presiden di pemilu 2009 mendatang.
Partai yang dipimpinya masih akan berkutat pada permasalah pemetaan kader, dan penguatan struktur organisasi didaerah-daerah yang menjadi basis.
"Kami belum akan membicarakan masalah capres, karena memang masih lama. Kami baru akan membicarakan masalah ini akhir 2008 nanti," ucap Anam, disela-sela peringatan hari ulang tahun PKNU di Stadion Bung Karno Jakarta, Minggu (11/11) siang.
Mengenai calon yang akan diusung oleh PKNU, Anam juga masih belum memberikan jawaban jelas. Namun untuk nama calon presiden dari PKNU, Anam menyerahkan hal tersebut sepenuhnya kepada para kyai- kyai yang ada dilingkaran PKNU.
"Kita serahkan semuanya kepada para kyai mengenai siapa yang akan dipilih untuk menjadi presiden. Namun sekali lagi, hal ini memang masih belum dibicarakan," papar Anam.
Peringatan harlah dengan tema Membangun NKRI Bersendi Demokrasi, kemarin diikuti sekitar 5000 massa dari berbagai pelosok Jawa.
Tercatat beberapa kyai NU yang berpengaruh juga hadir dalam acara tersebut, seperti KH Abdulah faqih, KH Sholeh kosim, KH Maruf Amin, KH Abdurrahman Chudori dan lain-lainnya.
Dalam kesempatan itu, Maruf Amin yang berkesempatan memberikan pidato mengatakan, PKNU harus bisa menjadi wadah gerakan ulama.
Dalam pandangannnya PKNU harus bisa menjadi penggerak kebangkitan jiwa keagamaan, karena jiwa religi dalam kehidupan perpolitikan nasional telah hilang.
"Sampai saat ini belum ada partai politik yang dapat dijadikan wadah perjuangan bersama yang sesuai dengan aspirasi dan kehendak para ulama, baik dalam hal asas, struktural maupun platformnya. Sekarang pilihannya adalah PKNU," tegas KH. Maruf Amin.
PKNU sebagai wadah politik ulama, menjadi salah satu keputusan yang dihasilkan dari musyawarah nasional alim ulama yang sebelumnya dilakukan di Hotel Atlet Century Jakarta 9-10 November.
Dalam munas tersebut juga ditekankan, kewajiban para alim ulama untuk menghidupkan kembali kepemimpinan ulama dalam perpolitikan nasional selain upaya penyejahteraan umat. Dan PKNU menjadi wadah yang pas bagi para ulama, karena sifatnya yang islami, moderat dan nasionalis.
Lebih lanjut, Maruf Amin menilai saat ini telah terjadi gerakan- gerakan yang cukup membahayakan dari golongkan ekstrim kanan (fundamental) maupun ekstrim kiri (sekuleris) yang dapat mengancam kelangsungan dan keutuhan NKRI.
"PKNU harus bisa jadi pendulum keseimbangan, dengan menciptakan harmonisasi bangsa serta menjaga NKRI dari ancaman disintegrasi, separatisme, sekularisme dan fundamentalisme," lanjut Maruf Amin.
"Kemunculan ini sebagai akibat dari terpinggirkannya peran politik ulama. Dan melalui PKNU kita gelorakan gerakan politik ulama episode ketiga, setelah gerakan ulama akhir abad 19 dan saat tahun 1952 dimana Nahdlatul Ulama menjadi partai politik." pungkas MAruf Amin.
(persda network/why)

4 komentar:

  1. Abbaz says:

    saya pendukung pknu tapi belum punya gambar partai yang jelas boleh dong minta gambarnya yang jelas/gede

  2. agus silahudin says:

    PKNU siap gantikan PKB sebagai partai warga nahdliyin

  3. Anonim says:

    Nitip ya ^_^

    KRITIK Atas PARTAI ISLAM Yg Kurang RESPONSIF thd GEJOLAK yg MUNCUL
    http://myquran.org/forum/index.php/topic,40699.0.html

    [WACANA PEMIMPIN] Siapakah yg Layak untuk Pemimpin 2009 ?
    http://myquran.org/forum/index.php/topic,41304.0.html

    ^_^ POROS Tengah Jilid II ? (Koalisi Strategis Islam)
    http://myquran.org/forum/index.php/topic,47175.15.html

  4. Anonim says:

    mau cari gambar pknu di situsnya kpu atau cari di search engine dengan kata "partai pemilu" atau di www. pknu.org